Syaikh Ali bin Hasan al Halabiy hafidzahullah berkata : Al musalsal yaitu : hadits yang setiap perawinya saling mengikuti di dalam suatu sifat tertentu, baik dalam bentuk ucapan -seperti bersumpah dengan nama Allah- atau dalam bentuk keadaan -seperti meriwayatkan hadits dalam keadaan berdiri- atau dalam bentuk perbuatan -seperti tersenyum selepas meriwayatkan hadits-. (At Ta’liqat al Atsariyah [26])

Sabtu, 20 Mei 2017

HSI 06-13 Beriman Dengan Amalan-amalan Malaikat Bagian 2

by Rory Rachmad  |  in HSI 06 at  20 Mei

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang ke-13 dari Silsilah ‘Ilmiyyah Beriman Dengan Malaikat-malaikat Allah adalah “Beriman Dengan Amalan-Amalan Malaikat Bagian Yang Kedua”

Diantara orang-orang yang malaikat do’akan secara khusus adalah :

1. Orang yang shalat di shaf-shaf yang pertama ketika shalat berjama’ah.

Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصِلُّونَ عَلَى الصُّفُوفِ الأُولَ

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk orang-orang yang berada di shaf-shaf yang pertama. (Hadits Shahih, Riwayat Abū Dāwūd I/178 no. 664, An-Nasa’i II/90, dan Ibnu Majah I/318 no. 997)

Dan mereka mendoakan untuk,

2.  Orang-orang yang menyambung shaf dan menutupi celah-celah yang ada diantara shaf.

Rasulullāh ﷺ bersabda:

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الَّذِينَ يَصِلُونَ الصُّفُوفَ وَمَن سَدَّ فُرْجَةً رَفَعَهُ اللهُ بِهَا دَرَجَة

Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat untuk orang-orang yang menyambung shaf. Dan barang siapa yang menutupi satu celah dalam shaf, maka Allah akan mengangkatnya dengan satu derajat. (Hadits shahīh riwayat Ibnu Mājah I/318 no. 995)

Mereka juga mendoakan untuk,

3. Orang yang bershalawat atas Nabi 

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصَلِّي عَلَيَّ إِلا صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلائِكَةُ مَا صَلَّى عَلَيَّ ، فَلْيُقِلَّ الْعَبْدُ مِنْ ذَلِكَ أَوْ لِيُكْثِرْ

Tidak ada seorang Muslim yang bershalawat kepadaku, kecuali malaikat akan bershalawat untuknya selama dia masih bershalawat kepadaku. Maka hendaklah seorang hamba mempersedikit shalawat kepadaku atau memperbanyak. (Hadits Hasan Riwayat Ibnu Mājah I/294 no. 907)

Para malaikat juga mendoakan bagi,

4.  Orang yang berinfaq fī sabilillah.

Di dalam sebuah hadits Nabi ﷺ bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Tidak ada satu hari dimana para hamba memasuki waktu pagi, kecuali turun dua malaikat. Berkata salah satunya, “Yaa Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq.” Dan berkata yang lain, “Yaa Allah, berilah kehancuran bagi orang yang menahan”, yaitu menahan diri dari infaq yang disyari’atkan. (HR. Bukhāri III/304, no. 1442 dan Muslim II/700 no. 1010)

Para ulama mengatakan:

“Do’a dengan diganti disini mencakup infaq dalam keta’atan yang wajib maupun yang sunnah, nafkah untuk keluarga, jamuan untuk tamu, dan yang semisalnya.”

Mereka para malaikat juga mendoakan bagi,

5. Orang-orang yang sahur.

Di dalam sebuah hadits, Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِين

Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bershalawat untuk orang orang yang sahur. (Hadits Hasan Riwayat Thabrani di dalam Al-Ausath dan juga Ibnu Hibban dalam Al Mawaarid 880)

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini dan sampai bertemu kembali pada halaqah selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

‘Abdullah Roy
Di kota Al-Madinah
*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy



kepada Anggota HSI dilarang menyebarkan transkrip ini di Group HSI yang sedang berjalan

gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.