Syaikh Ali bin Hasan al Halabiy hafidzahullah berkata : Al musalsal yaitu : hadits yang setiap perawinya saling mengikuti di dalam suatu sifat tertentu, baik dalam bentuk ucapan -seperti bersumpah dengan nama Allah- atau dalam bentuk keadaan -seperti meriwayatkan hadits dalam keadaan berdiri- atau dalam bentuk perbuatan -seperti tersenyum selepas meriwayatkan hadits-. (At Ta’liqat al Atsariyah [26])

Senin, 15 Mei 2017

Fiqih Ramadhān Bagian 7

by Rory Rachmad  |  in Kajian Tematik at  15 Mei

🌍 BimbinganIslam.com
Senin, 18 Sya'ban 1438 H / 15 Mei 2017 M
👤 Ustadz Abu Ihsan Al-Maidany, MA
📗 Materi Tematik: Fiqih Ramadhān (Bagian 7 dari 7)
⬆ Link Download Audio: bit.ly/BiAS-Tmk-FA-FiqihRamadhan-07
~~~~~
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته 

Alhamdulillāhiladzī bini'matihi tatimmushshālihāt. 

Di antara amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhān adalah: 

⑹ Banyak berdzikir dan berdo'a

Bulan Ramadhān adalah waktu berdzikir dan berdo'a, ini adalah waktu berdzikir dan berdo'a kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla. 

Ada satu do'a yang pasti dikabulkan oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla di bulan Ramadhān, dan itu terjadi bagi setiap muslim dan setiap hari. 

Ada satu do'a yang Allāh Subhānahu wa Ta'āla kabulkan bagi orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhān maka jangan lewatkan Ikhwāniy fīdīn ma'āsyiral muslimin. 

Banyak do'a-do'a yang perlu kita panjatkan kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla dan tidak ada rugi dari do'a yang kita panjatkan kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla. 

Diantara do'a yang perlu kita baca adalah kita minta kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla keselamatan dunia, keselamatan di akhirat. Kita mohon kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla surga, kita mohon kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla agar diselamatkan dari siksa api neraka. 

Salah satu do'a yang dibaca oleh Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam adalah: 

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِيَ الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَاىَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

"Yā Allāh, perbaikilah bagiku agamaku sebagai pelindung urusanku dan perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku, perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku, jadikanlah ya Allāh, kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan." (HR Muslim nomor 2720)

⇒Ini adalah salah satu do'a yang diajarkan oleh Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam. 

Di antara do'a bagi yang punya hutang dan ingin dibantu oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla untuk melunasi hutangnya, ada sebuah hadīts yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thālib. 

Suatu ketika ada seorang yang datang mengeluh (mengadu) kepada Ali bin Abi Thālib minta bantuan kepada Ali bin Abi Thālib untuk melunasi hutang-hutangnya, lalu Ali bin Abi Thālib mengajarkannya sebuah do'a yang diajarkan oleh Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam kepada beliau. 

Siapa saja yang membaca do'a itu niscaya Allāh Subhānahu wa Ta'āla akan membantunya untuk melunasi hutangnya. 

Do'a itu adalah: 

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

"Yā Allāh cukupkanlah aku dengan rejekimu yang halal supaya aku terhindar dari perkara yang harām (rejeki yang harām) dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu supaya aku tidak meminta kepada selain-Mu." (HR Tirmidzi nomor 3563)

Ini do'a apabila seorang hamba membacanya niscaya Allāh akan membantunya dalam  pelunasan hutang-hutangnya. 

⑺ 'Umrah

Diantara amalan yang juga dianjurkan di bulan Ramadhān adalah mengerjakan 'umrah bagi yang mempunyai kemampuan (rejeki) jangan lewatkan, khususnya di bulan Ramadhān. 

Memang 'umrah boleh kita kerjakan di bulan-bulan yang lain namun ada satu keistimewaan (kelebihan) apabila kita lakukan itu pada bulan Ramadhān, Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam mengatakan, 

فَإِنَّ عُمْرَةً فِي رَمَضَانَ تَقْضِي حَجَّةً مَعِي

"Sesungguhnya mengerjakan 'umrah di bulan Ramadhān pahalanya sama seperti melaksanakan haji bahkan seperti melaksanakan haji bersamaku." (Hadīts Riwayat Bukhāri nomor 1863)

Yang dimaksud "seperti melaksanakan haji bersamaku" adalah ganjaran (balasan) sama seperti pahala yang Allāh berikan kepada orang yang melaksanakan ibadah haji, hanya saja ini tidak menggugurkan kewajiban haji seseorang. 

Itulah beberapa amalan-amalan yang dianjurkan kepada setiap muslim untuk tidak melewatkannya di bulan Ramadhān. 

Thayyib, Ikhwāniy fīdīn ma'āsyiral  muslimin rahimani wa rahimakumullāh jami'an, itu saja mungkin yang dapat kita sampaikan. 

Mudah-mudahan semua itu mengingatkan kita kembali karena siapa saja yang mendatangi sesuatu atau memasuki suatu kancah tanpa persiapan dia akan kalah, kalaulah kita dadakan masuk di bulan Ramadhān tanpa persiapan tanpa siap-siap mungkin banyak yang terlewat. 

Seperti seseorang masuk ke dalam satu pertandingan (kompetisi) tanpa persiapan, masuk ke dalam medan peperangan tanpa persiapan banyak hal-hal yang akan terluput, banyak hal-hal yang akan terlewat. 

Padahal sebulan itu sangat cepat, begitu masuk awal Ramadhān tiba-tiba kita sampai di akhir Ramadhān, tiba-tiba banyak amal-amal yang seharusnya kita kerjakan di bulan Ramadhān terlewat.

Banyak hal-hal yang utama yang istimewa yang apabila kita lakukan di bulan Ramadhān akan mendapat pahala yang berlipat yang terlewat begitu saja, karena kita masuk bulan Ramadhān tanpa persiapan. 

Satu bulan itu sangat cepat, percayalah misalnya besok 1 Ramadhān tiba-tiba saja tanpa terasa orang-orang sudah takbiran, lewat 'itikāf, lewat shadaqah, shalāt malampun bolong-bolong, lebih parah lagi puasa pun tidak maksimal. 

Demikianlah, mudah-mudahkan mengingatkan kita kembali karena kajian tentang Ramadhān ini saya yakin berulang-ulang tapi demikianlah kata pepatah kita "Lancar kaji karena diulang". 

Ilmu itu semakin diulang maka akan semakin lengket dan mantap, Ikhwāniy fīdīn ma'āsyiral  muslimin rahimani wa rahimakumullāh jami'an. 

سبحانك اللهم وبحمدك، أشهد أن لا إله إلا أنت، أستغفرك وأتوب إليك 
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته 
________
◆ Mari bersama mengambil peran dalam dakwah...
Dengan menjadi Donatur Rutin Program Dakwah & Sosial Cinta Sedekah

1. Pembangunan & Pengembangan Rumah Tahfizh
2. Support Radio Dakwah dan Artivisi
3. Membantu Pondok Pesantren Ahlu Sunnah Wal Jamaah di Indonesia
4. Operasional Dakwah & Kegiatan Sosial

Silakan mendaftar di : 

Hidup Berkah dengan Cinta Sedekah
-------------------------------------         

               

gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.