Syaikh Ali bin Hasan al Halabiy hafidzahullah berkata : Al musalsal yaitu : hadits yang setiap perawinya saling mengikuti di dalam suatu sifat tertentu, baik dalam bentuk ucapan -seperti bersumpah dengan nama Allah- atau dalam bentuk keadaan -seperti meriwayatkan hadits dalam keadaan berdiri- atau dalam bentuk perbuatan -seperti tersenyum selepas meriwayatkan hadits-. (At Ta’liqat al Atsariyah [26])

Kamis, 20 Juli 2017

Halaqah - 01 Pengantar dan Penjelasan

by Rory Rachmad  |  in HSI-QA at  20 Juli

Halaqah yang pertama Penjelasan kitab Al-Qawa'idul Arba' karangan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab at Tamimi rahimahullah

بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـم ,  السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Kita akan bersama-sama mempelajari tentang sebuah kitab yang ringkas akan tetapi telah memberikan manfaat yang banyak kepada kaum muslimin yang dikarang oleh seorang Ulama yang lahir pada tahun 1115 H yaitu kurang lebih 300 tahun yang lalu dan beliau meninggal dunia pada tahun 1206 H.

Beliau adalah Al Imam Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab at Tamimi dan Kitab yang akan kita pelajari adalah Al-Qawa'idul Arba’ yang artinya adalah qa'idah-qa'idah yang empat atau empat qa'idah.

Kitab ini adalah kitab yang ringkas, telah banyak diantara Ulama dan para penuntut Ilmu yang telah mengambil pelajaran dan mengambil manfaat dari kitab yang mulia ini.

Syaikh Muhammad at Tamimi seorang ulama jazirah Arab dan beliau lahir pada tahun 1115 H dan mulai menuntut Ilmu semenjak beliau kecil, dan beliau mengambil ilmu dari bapak beliau sendiri demikian pula dari ulama-ulama besar di zamannya, diantaranya adalah Syaikh Muhammad Hayyah as Sindi dan juga yang lain dan telah melakukan banyak perjalanan dalam rangka menuntut ilmu Agama pergi ke daerah-daerah yang ada di Hijaj ini ke kota Madinah ke kota Mekkah dan mengambil ilmu dari banyak ulama, demikian pula pergi ke Bashrah dan hampir-hampir beliau pergi ke Syam akan tetapi karena suatu halangan beliau tidak bisa kesana.

Di zaman beliau banyak kerusakan-kerusakan didalam Agama, daerah beliau sendiri dan juga daerah-daerah tetangga tersebar yang dinamakan dengan kesyirikan, penyembahan terhadap selain Allah 'Azza wa jalla diantaranya :

1. Ada diantara mereka yang mengagung-agungkan kuburan para Shahabat radhiyallahu 'anhum.
2. Ada diantara mereka yang mengagung-agungkan pohon yang besar, meminta kepadanya, meminta manfaat dari pohon tersebut.

Oleh karena itu beliau rahimahullah selama hidupnya menghabiskan waktunya untuk berdakwah dan mengajak orang-orang yang ada disekitar beliau, baik orang yang awam, anak kecil orang yang sudah besar bahkan para petinggi kerajaan tidak lepas dari dakwah beliau.

Dan diantara usaha beliau adalah mengarang beberapa karangan (beberapa kitab) diantaranya adalah kitab yang akan kita pelajari, dan beliau rahimahullah memiliki banyak karangan yang sangat bermanfaat diantaranya adalah Kitabut Tauhid, Kasyfu Syubhat, Al Ushul Tsalasah, Fadhlul Islam, Ushulul Iman dan juga Kitab-kitab yang lain dan kaum muslimin telah banyak mengambil manfaat dari beliau.

Dan beliau meninggal dunia pada tahun 1206 H, semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menerima amal Ibadah beliau, ketaatan beliau, dan memberikan manfaat kepada kaum muslimin dari apa yang sudah beliau sampaikan.

Kitab ini yaitu Al-Qawa'idul Arba’ berisi tentang 4 Qa'idah, supaya seseorang bisa memahami ” Apa itu Tauhid?”.

Mungkin ada diantara kita atau banyak diantara kita sudah mendengar dan pernah mendengar apa itu Tauhid dan apa itu Asy-Syirk, didalam kitab ini beliau berusaha untuk memberikan pemahaman kepada kita tentang Tauhid dan juga Syirik dengan kalimat-kalimat yang ringkas dan beliau meringkasnya menjadi empat qa'idah.

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy


kepada Anggota HSI dilarang menyebarkan transkrip ini di Group HSI yang sedang berjalan

gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.