Al Imām Az Zuhriy rahimahullāh ta'āla: في علم المغازي علم الآخرة و الدنيا "Dalam ilmu sejarah Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam ada ilmu akhirat dan ilmu dunia."

Rabu, 21 Februari 2018

HSI 10 - 13 Penjagaan Allah Kepada Muhammad ﷺ Sebelum Kenabian Beliau

by Rory Rachmad  |  in HSI 10 at  21 Februari

Halaqah 13 | Penjagaan Allah Kepada Muhammad ﷺ Sebelum Kenabian Beliau*

goo.gl/1NRtZ1


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang ketiga belas dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah *”Penjagaan Allah Kepada Muhammad ﷺ Sebelum Kenabian Beliau”*.

Diantara penjagaan Allāh kepada Muhammad ﷺ, sebelum diwahyukan ketika renovasi, Muhammad mengangkat batu bersama paman beliau Abbas, Abbas saat itu mengusulkan kepada Muhammad ﷺ supaya mengangkat izzar beliau yaitu pakaian bagian bawah & meletakkannya diatas leher bagian belakang supaya menjaga Muhammad dari bekas batu yang yang diangkat, ketika mereka jauh dari manusia, tatkala beliau akan melakukannya tiba-tiba beliau pingsan & ketika bangun beliau pun meminta supaya dikencangkan izzar nya.
[HR Al Bukhari & Muslim]

Dan kejadian tersebut terjadi saat beliau berumur 35 tahun.
[diriwayatkan oleh Abdul Rozak di dalam al-Musanaf]

Dan sebagai mana yang diketahui bahwa telanjang pada saat itu bukan saat aneh menurut orang² Arab Jahiliyah, dahulu mereka biasa thowaf dalam keadaan telanjang kecuali orang² Quraisy. Dan Thowaf dalam keadaan telanjang terus dilakukan oleh mereka sampai dilarang oleh Rasulullãh ﷺ pada tahun 9 Hijriyah lewat perantaraan Abu Bakar as-Syidik.

Abu Bakar mengumumkan

أَلَا لَا يَحُجُّ بَعْدَ الْعَامِ مُشْرِكٌ وَلَا يَطُوفُ بِالْبَيْتِ عُرْيَانٌ

_janganlah ada orang Musyrik yang berhaji setelah tahun ini & jangan ada orang yang Thowaf di sekitar Baitullah dalam keadaan telanjang_
[HR Bukhori]

Kejadian diatas menunjukkan bahwa Nabi ﷺ terjaga dari apa yang dianggap tercela baik sebelum kejadian maupun setelah kejadian.

Diantara penjagaan Allāh kepada beliau ﷺ Sebelum Kenabian, bahwa beliau berpegang teguh dengan warisan Nabi Ibrahim & Ismail didalam akidah Haji, pernikahan dll.

Pernah beliau ﷺ bersama Zaid Ibnu Haritsah kemudian Zaid menyentuh berhala dengan tangan kanannya, maka Muhammad ﷺ melarang Zaid, kemudian Zaid menyentuh lagi & dilarang kembali oleh Muhammad ﷺ. Zaid bin Haritsah bersumpah bahwa Rasulullãh ﷺ tidak pernah menyentuh berhala sedikit pun.
[Hadits Hasan di riwayat oleh Ath Thabrany di dalam al-Mu’jamul kabir]

Sebelum menjadi Nabi ﷺ pernah dihidangkan kepada beliau daging & beliau tidak memakannya karena takut makanan tersebut termasuk yang disembelih untuk berhala.
[HR al-Bukhori]

Beliau dahulu wukuf di Arafah sebagaimana dilakukan oleh Nabi Ibrahim alaihi salam berbeda dengan orang² Quraisy yang mereka wukuf di Mudzalifah menyelisihi ajaran Nabi Ibrahim.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

_*Abdullāh Roy*_
Di kota Pandeglang

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy


kepada Anggota HSI dilarang menyebarkan transkrip ini di Group HSI yang sedang berjalan

gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.