Syaikh Ali bin Hasan al Halabiy hafidzahullah berkata : Al musalsal yaitu : hadits yang setiap perawinya saling mengikuti di dalam suatu sifat tertentu, baik dalam bentuk ucapan -seperti bersumpah dengan nama Allah- atau dalam bentuk keadaan -seperti meriwayatkan hadits dalam keadaan berdiri- atau dalam bentuk perbuatan -seperti tersenyum selepas meriwayatkan hadits-. (At Ta’liqat al Atsariyah [26])

Senin, 19 Februari 2018

HSI 09 - 25 Buah Beriman Dengan Takdir Allāh Bagian 3

by Rory Rachmad  |  in HSI 09 at  19 Februari

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang Ke-25 dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Takdir Allāh "Buah Beriman Dengan Takdir Allāh Bagian 3"

16. Berbaik sangka kepada Allāh ketika melihat dirinya diberi hidayah kepada Tauhid, Sunnah dan ketaatan maka dia berbaik sangka kepada Allāh, bahwa Allāh menghendaki pada dirinya kebaikan dan ingin memudahkan dia masuk kedalam Surga Nya. 

17. Menimbulkan rasa takut didalam diri seorang hamba dari suul Khotimah, sehingga dia tidak tertipu dengan amal sholeh nya karena dia tidak tau dengan apa Allāh akan menakdirkan akhir amalannya. 

18. Menimbulkan sifat tidak suka merendahkan orang lain dan menghinakan orang lain yang terjerumus kedalam kemaksiatan karena dia tidak tau dengan apa Allāh akan menakdirkan akhir dari amalan orang tersebut. 

19. Memerdekakan akal dan diri dari khurafat dan Tathoyyur dan dia meyakini bahwa segala sesuatu tidak terlepas dari takdir Allāh. Tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Allāh dantidak ada yg menolak kejelekan kecuali Allāh. 

20. Menjadikan seseorang rendah hati dan tidak sombong ketika diberikan rezeki oleh Allāh baik berupa harta, kedudukan maupun ilmu dll. Karena ini semua datang dari Allāh dan dengan Takdir Allāh dan kalau Allāh menghendaki Allāh akan mengambilnya dari kita sewaktu². 

21. Membawa ketenangan didalam hati dan ketentraman jiwa karena ketika musibah dia merasa itu yg terbaik dan pasti ada hikmahnya dan dia mengetahui bahwa orang yang ridha maka Allāh akan ridha kepadanya sehingga dia tidak cemas & gelisah & tidak berangan² dan berandai². 

Akhirnya semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla menjadikan kita termasuk orang yang beriman dengan Takdir Allāh yang baik maupun yang buruk dan semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberikan karunia kepada kita semua sehingga kita bisa merasakan buah buah yang baik dari beriman dengan Takdir dan sesungguhnya Allāh mengabulkan doa. 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Demikianlah yang bisa saya sampaikan didalam Silsilah Beriman Dengan Takdir Allāh & sampai bertemu kembali pada Silsilah Ilmiah selanjutnya yaitu "Silsilah Sirah Nabawiyyah". 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Abdullāh Roy
Di kota Al-Madīnah
*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy


kepada Anggota HSI dilarang menyebarkan transkrip ini di Group HSI yang sedang berjalan

gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.