Al Imām Az Zuhriy rahimahullāh ta'āla: في علم المغازي علم الآخرة و الدنيا "Dalam ilmu sejarah Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam ada ilmu akhirat dan ilmu dunia."

Minggu, 23 September 2018

Halaqah 04 | Hadits 3

by Rory Rachmad  |  in Syamail Muhammadiyah at  23 September

🌍 BimbinganIslam.com
Senin, 7 Muharram 1440 H / 17 September 2018 M
👤 Ustadz Ratno, Lc
📗 Kitab Syamāil Muhammadiyah
🔊 Halaqah 04 | Hadits 3
⬇ Download audio: bit.ly/SyamailMuhammadiyah-04
〰〰〰〰〰〰〰

KITAB SYAMĀIL MUHAMMADIYAH, HADITS 3


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ الْخَلْقَ وَالْأَخْلَاقَ وَالْأَرْزَاقَ وَالْأَفْعَالَ، وَلَهُ الشُّكْرُ عَلَى إِسْبَاغِ نِعَمِهِ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ بِالْإِفْضَالِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّهِ وَرَسُولِهِ الْمُخْتَصِّ بِحُسْنِ الشَّمَائِلِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْمَوْصُوفِينَ بِالْفَوَاضِلِ وَالْفَضَائِلِ، وَعَلَى أَتْبَاعِهِ الْعُلَمَاءِ الْعَامِلِينَ بِمَا ثَبَتَ عَنْهُ بِالدَّلَائِلِ. أما بعد

Sahabat Bimbingan Islam yang semoga selalu dicintai oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla, pada pertemuan keempat ini, kita akan membaca hadits ketiga yang dibawakan oleh Imam At Tirmidzi rahimahullāh dalam kitab Asy Syamāil Al Muhammadiyyah. Beliau berkata:

 حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ قَالَ: سَمِعْتُ الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ يَقُولُ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ، عَظِيمَ الْجُمَّةِ إِلَى شَحْمَةِ أُذُنَيْهِ، عَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ، مَا رَأَيْتُ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ مِنْهُ»

"(Imam At Tirmidzi rahimahullāh membawakan hadist ini lengkap dengan jalur periwayatannya hingga Al Barak bin ‘Azib radhiyallāhu 'anhu, beliau berkata:)

“Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah seorang yang memiliki tinggi ideal, memiliki dada yang bidang dengan pundak yang saling berjauhan. Sebagaian besar rambut Beliau panjangnya hingga daun telinga. Saat itu Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam memakai pakaian dari Yaman yang berwarna merah dan aku tidak pernah melihat apapun yang lebih indah dari pada Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam ketika memakai pakaian tersebut.”

Hadist ini diriwayatkan oleh imam Al Bukhari dengan no 3551 dan Imam Muslim 2337.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari hadist ini adalah :

1. Bahwasannya Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah seorang yang memiliki dada yang bidang, dalam hadist diibaratkan dengan kedua bahu yang saling berjauhan.

2. Rambut beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam cukup panjang. Sebagian besar hingga daun telinga dan ada yang sampai dipundak sebagaimana yang terdapat dalam beberapa hadist lainnya.

3. Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam pernah memakai pakaian (hullah) yang berwarna merah.

Memakai pakaian yang berwarna merah merupakan salah satu hal yang diperbincangkan oleh para ulama, ada perbedaan pendapat pada permasalahan ini. Dalam Fathul Bari disebutkan hingga 8 pendapat.

Sebagian ulama yang berpendapat bolehnya memakai pakaian berwarna merah berdalil dengan hadist ini. Dan untuk pembahasan lebih detailnya bisa merujuk ke kitab-kitab fiqih yang telah membahas permasalahan ini.

4. Beliau shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah seorang yang sangat indah untuk dipandang, melebihi keindahan rembulan dan juga matahari serta pemandangan-pemandangan indah lainnya. Oleh sebab itu perawi memakai kata: “Aku tidak pernah melihat apapun yang lebih indah darinya,” bukan mengatakan: “Aku tidak pernah melihat seorangpun yang lebih indah darinya.”

Demikian pembahsan hadits yang ketiga kita kali ini, semoga bermanfaat

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت نستغفرك وأتوب إليك
Akhukum fillah,
Ratno
Dikantor Bimbingan Islam Yogyakarta
_______
🏦 Donasi Dakwah BIAS dapat disalurkan melalui :
🎗 Bank Mandiri Syariah
🥇 Kode Bank : 451
💳 No. Rek : 710-3000-507
🏬 A.N : YPWA Bimbingan Islam

📲 Pendaftaran Donatur Tetap & Konfirmasi Transfer Hanya via WhatsApp ke:  0878-8145-8000

SWIFT CODE : BSMDIDJA (Luar Negeri)

▪ Format Donasi :  DONASIDAKWAHBIAS#Nama#Nominal#Tanggal

📝 Cantumkan Kode 700 di akhir nominal transfer anda...


gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.