Al Imām Az Zuhriy rahimahullāh ta'āla: في علم المغازي علم الآخرة و الدنيا "Dalam ilmu sejarah Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam ada ilmu akhirat dan ilmu dunia."

Rabu, 21 Februari 2018

HSI 10 - 11 Pernikahan Muhammad ﷺ dengan Khadijah radiallahu anha

by Rory Rachmad  |  in HSI 10 at  21 Februari

Halaqah 11 | Pernikahan Muhammad ﷺ dengan Khadijah radiallahu anha*

goo.gl/qGWL5g


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين

Halaqah yang ke sebelah dari Silsilah Ilmiyyah Sirah Nabawiyah Adalah *”Pernikahan Muhammad ﷺ dengan Khadijah radiallahu anha”*.

Pada saat berumur 25 tahun Muhammad ﷺ menikah dengan Khadijah seorang wanita Quraisy yang memiliki kedudukan yang tinggi & harta yang melimpah, ada yang mengatakan bahwa umur Khadijah saat itu 28 tahun & ada yang mengatakan 40 tahun.

Khadijah, beliau adalah Khadijah bintu Khuwailid bin As’ad bin Abdul Uzza bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Kaab bin Luay al-Qurosiyyah.

Beliau adalah termasuk wanita Quraisy yang paling baik nasabnya harta & akalnya & beliau lah wanita yang pertama kali dinikahi oleh Muhammad ﷺ & beliau tidak menikah dengan seorang wanita pun setelah Khadijah sampai Khadijah meninggal.

Setelah menikah dengan Khadijah telah lahir dari beliau enam orang anak
Al Qosim
Abdullāh
Zainab
Rukayyah
Ummu kulsum
Fatimah

Al-Qosim & Abdullāh meninggal ketika masih kecil sedangkan yang wanita semuanya menemui kenabian Muhammad ﷺ & masuk Islām tetapi semuanya meninggal dunia sebelum Rasulullãh ﷺ, kecuali Fatimah, maka beliau meninggal meninggal 6 bulan setelah kematian Rasulullãh ﷺ.

Adapun riwayat² perincian tentang bagaimana pernikahan beliau ﷺ, seperti cerita bahwa beliau berdagang ke Syam dengan membawa harta Khadijah bintu Khuwailid & bahwasanya Khadijah mengutus Maisaroh (seorang budak milik beliau) untuk menemani Muhammad didalam perdagangan ini kemudian ketika pulang, Khadijah melihat ke amanah an Muhammad & Maisaroh juga menceritakan kemuliaan akhlak pikiran yang jernih & kejujuran Muhammad ﷺ & kisah bahwa Khadijah mengutus utusan kepada Muhammad ﷺ menawarkan kepada beliau untuk menikah kemudian Muhammad setuju & berbicara kepada pamannya, kemudian setelah itu mereka pergi ke paman Khadijah & meminangnya setelah itu dilangsungkan pernikahan maka riwayat² tersebut adalah lemah.

Demikian yang bisa kita sampaikan pada Halaqah kali ini & sampai bertemu kembali pada Halaqah selanjutnya.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

_*Abdullāh Roy*_
Di kota Pandeglang

*Materi audio ini disampaikan didalam Group WA Halaqah Silsilah Ilmiyyah HSI Abdullah Roy


kepada Anggota HSI dilarang menyebarkan transkrip ini di Group HSI yang sedang berjalan

gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.