PESAN-PESAN

Nama

Email *

Pesan *

Minggu, 09 Juni 2019

RAMADHĀN BULAN ISTIMEWA (BAGIAN 2)

by Rory Rachmad  |  in Kajian Tematik (Ramadhan) at  09 Juni

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد الله والصلاة والسلام على رسول الله و على آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم القيامة أما بعد

Sahabat Bimbingan Islām yang semoga selalu dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Alhamdulillāh, kita masih diberikan kesempatan oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla untuk memperbanyak amal ibadah di bulan yang mulia ini.

Pada kesempatan ini kita lanjutkan pembahasan, "Mengapa bulan Ramadhān adalah bulan istimewa?"

Bulan Ramadhān menjadi bulan istimewa selain karena sebab yang telah disebutkan pada pertemuan yang telah lalu, keistimewaan yang lainnya adalah:

Bulan Ramadhān menjadi istimewa karena pada bulan ini (Ramadhān) pintu-pintu surga dibuka lebar-lebar oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla, sehingga tidak ada satu pintu pun yang ditutup. Begitu juga pintu-pintu neraka ditutup rapat-rapat oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla hingga tidak ada satu pintu pun yang terbuka.

Dan pada bulan Ramadhān syaithān-syaithān yang jahat dibelenggu oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ. وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَ ذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhān, syaithān-syaithān dan jinn-jinn yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan, "Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah." Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam. (Hadīts riwayat At Tirmidzī dalam Sunan-nya nomor 682 dan Ibnu Mājah dalam Sunan-nya nomor 1682, dihasankan oleh Syaikh Albāniy rahimahullāh dalam Al Misykat nomor1960)

Hadīts ini menunjukkan bahwa bulan Ramadhān telah dipersiapkan oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla untuk menjadi bulan yang istimewa.

Allāh Subhānahu wa Ta'āla menyiapkan bulan Ramadhān agar menjadi bulan yang memiliki atmosfir ibadah yang luar biasa.

Agar para hamba-Nya bisa maksimal dalam beribadah pada bulan tersebut. Sampai-sampai syaithān-syaithān dibelenggu, pintu surga dibuka lebar-lebar dan pintu neraka ditutup rapat-rapat, serta Allāh siapkan pahala yang luar biasa pada bulan tersebut.

Itulah dan dengan sebab-sebab yang lainnya yang belum sempat untuk disebutkan menjadikan bulan Ramadhān menjadi bulan yang istimewa.

Wallāhu Ta'āla A'lam Bishshawāb.

Semoga bermanfaat.

وصلى الله على نبينا محمد


Proudly Powered by Abu Uwais.