PESAN-PESAN

Nama

Email *

Pesan *

Rabu, 11 Desember 2019

Halaqah 046 | Hadits 43 (Bagian 02)

by Rory Rachmad  |  in Bahjatu Qulubul Abrar at  11 Desember

🌍 BimbinganIslam.com
Rabu, 17 Shafar 1441 H / 16 Oktober 2019 M
👤 Ustadz Riki Kaptamto Lc
📗 Kitab Bahjatu Qulūbul Abrār Wa Quratu ‘Uyūni Akhyār fī Syarhi Jawāmi' al Akhbār
🔊 Halaqah 046 | Hadits 43 (Bagian 02)
⬇ Download audio: bit.ly/BahjatulQulubilAbrar-H046b
〰〰〰〰〰〰〰

KITĀB BAHJATU QULŪBIL ABRĀR, HADĪTS 43 BAGIAN KEDUA


بسم اللّه الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نبينا محمد وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ:

Kaum muslimin dan muslimat rahīmani wa rahīmakumullāh.

Dan manfaat lain yang didapatkan dari bersyarikat di dalam usaha adalah adanya ta'awun, saling tolong menolong. Baik dalam bentuk tukar pendapat ataupun tolong menolong di dalam berusaha untuk menjalankan usaha, dimana terkadang suatu pekerjaan tidak bisa dikerjakan seluruhnya oleh satu orang.

Tapi apabila ada dua orang yang mereka saling membantu (bekerja sama) maka akan mungkin bisa dikerjakan hal-hal yang tidak mungkin bisa dikerjakan sendiri.

Selain itu dengan adanya berserikat atau bekerja sama akan bisa memperluas area dan memperbanyak pekerjaan yang bisa dilakukan. Selain itu juga akan menimbulkan atau membuahkan sifat ketenangan, tidak terlalu letih di dalam menjalankan pekerjaannya, karena ada yang membantunya (ada yang bisa memberikan bantuan) dengan adanya akad kerjasama tersebut.

Dan keberkahan ini (kebaikan-kebaikan ini) hanya bisa didapatkan apabila kedua belah pihak sama-sama jujur dan menjaga amanah, tidak berkhianat satu dengan yang lain.

Apabila berkhianat salah satunya atau bahkan keduanya atau ada niat untuk mengkhianati satu dengan yang lain, maka Allāh Subhānahu wa Ta'āla nyatakan di dalam hadīts ini:

فَإِذَا خَانَهُ خَرَجْتُ مِنْ بَيْنِهِمَا

"Kalau salah satu berkhianat maka aku akan keluar dari tengah-tengah mereka.”

Maksudnya Allāh akan berlepas diri, sehingga hilang keberkahan (kebaikan) di dalamnya.

Dan bisa kita saksikan di dalam kehidupan sehari-hari kita akan kebenaran hadīts ini. Dimana apabila akad kerjasamanya dibangun di atas kejujuran dan amanah, maka kerja sama itu akan membuahkan banyak kebaikan, namun apabila dibangun di atas pengkhianatan (ketidakjujuran) maka yang terjadi adalah kehilangan berkah, bahkan menimbulkan permusuhan atau permasalahan-permasalahan yang lain.

Demikian pembahasan hadīts yang mulia ini, semoga Allāh Subhānahu wa Ta'āla menjadikan kita termasuk orang-orang yang bisa menunaikan amanah dan bersikap jujur terlebih dalam kerjasama yang kita lakukan bersama orang-orang.



وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه  وسلم
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

_______


    Popular Post

Proudly Powered by Abu Uwais