Radio Rodja Live

Server Indonesia High Quality

Jeda Rodja Only

kesalahan dalam Adzan

Halaqah 40 | Hadits Yang Berkaitan Dengan Pakaian Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam

by Rory Rachmad  |  in Syamail Muhammadiyah at  12 Desember

🌍 BimbinganIslam.com
Senin, 07 Rabi’ul Awwal 1441 H / 04 November 2019 M
👤 Ustadz Ratno, Lc
📗 Kitab Syamāil Muhammadiyah
🔊 Halaqah 40 | Hadits Yang Berkaitan Dengan Pakaian Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam
⬇ Download audio: bit.ly/SyamailMuhammadiyah-40
〰〰〰〰〰〰〰

HADITS YANG BERKAITAN DENGAN PAKAIAN RASŪLULLĀH SHALLALLĀHU ‘ALAYHI WA SALLAM


بسم الله.
الْحَمْدُ لله، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رسول الله، وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القيامة، أَمَّا بَعْدُ:

Sahabat Bimbingan Islām yang semoga selalu dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Alhamdulillāh, kita panjatkan puji syukur kita atas nikmat Allāh Subhānahu wa Ta'āla yang telah terlimpahkan kepada kita semua, sehingga pada kesempatan hari ini kita bisa melanjutkan pembahasan Kitāb Asy Syamāil Al Muhammadiyah karya Imām At Tirmidzī rahimahullāh.

Pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan pembacaan syarah (penjelasan) dari Syaikh Abdurrazaq Al Badr hafīzhahullāh berkaitan dengan pendahuluan dari bab tentang pakaian Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam.

Dan kita sudah sampai pada hal-hal yang dilarang oleh Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam terkait pakaian kita.

Syaikh Abdurrazaq akan berusaha menyebutkan beberapa poin di antara hal yang dilarang di dalam berpakaian.

Dan apa yang disebutkan Syaikh di sini bukan merupakan pembatasan, di sana masih ada yang lainnya .

Beliau mengatakan :

 وجاءت السّنّة بذكر بعض المحاذير فيما يتعلّق باللبلس أمر النّبيّ ﷺ باجتنابها منها: 

Dan telah datang penyebutan dalam sunnah Nabi shallallāhu alayhi wa sallam, hal-hal yang berkaitan dengan larangan-larangan yang terkait dengan pakaian, Nabi shallallāhu alayhi wa sallam memerintahkan untuk menjauhi hal-hal tersebut.

Di antaranya adalah:

⑴ Isbāl

الإسبال: و هو أن ينزل ثوب الرّجل أسفل من كعبيه, ، فقد جاء في هذا و عيد في أحاديث كثيرة. ولهذا عدّه جماعةمن أهل العلم في الكبائر، ومما جاء فيه من الوعيد ما ثبت في صحيح مسلم.

Isbāl adalah pakaian seseorang lebih rendah daripada kedua mata kakinya. Dan telah datang ancaman terkait dengan isbāl ini dalam banyak hadīts.

Oleh karena itu sebagian ahli ilmu, menjadikan isbāl ini dalam dosa-dosa besar. Dan di antara ancaman yang shahīh adalah ancaman yang terdapat di dalam Shahīh Muslim.

Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ : "الْمُسْبِلُ وَالْمَنَّانُ وَالْمُنَفِّقُ سِلْعَتَهُ بِالْحَلِفِ الْكَاذِبِ"

"Ada tiga golongan yang dia tidak akan diajak berbicara pada hari kiamat nanti, Allāh tidak akan melihat kepadanya dan tidak akan mensucikannya, bagi mereka adzab yang pedih; orang yang isbāl, orang yang mengadu domba dan orang yang menawarkan barang jualannya dengan sumpah palsu.”

وفي الباب أحاديث كثيرة فيها التّحذير من الإسبال و بيان خطورته

Dan banyak hadīts yang membahas tentang peringatan-peringatan dan bahaya isbāl ini.

⑵ Larangan memakai pakaian Sutra dan pakaian Syuhrah untuk laki-laki.

وقد نهىﷺ الرّجال عن لبس الحرير ، و عن اتّخاذ لباس الشّهرة

Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam melarang laki-laki memakai pakaian sutra dan memakai pakaian Syuhrah (الشّهرة).

Apakah pakaian Syuhrah (الشّهرة)?

و هو أن يلبس الإنسان لباسا يتميزبه بين أهل بلده, ولهذا كان الأصل للإنسان,  أن يلبس مثل لباس أهل بلده,  مما ليس فيه مخالفة شر عية، أمّا إذا وجدت المخالفة، فإنه يجتنبها

Pakaian syuhrah adalah seseorang memakai pakaian yang berbeda dengan masyarakat setempat, sehingga dia menjadi istimewa dengan pakaian tersebut.

Hukum asal bagi seseorang adalah berpakaian sebagaimana pakaian yang digunakan oleh penduduk setempat, selama pakaian tersebut tidak terdapat pelanggaran syari'at di dalamnya._

Adapun jika pakaian suatu daerah itu ada penyelisihan syar'iat maka hendaknya seseorang meninggalkannya.

⑶ Larang meniru suatu kaum (tasyabbuh)

و مما جاءبه الّنهى في أمر اللّباس قوله  ﷺ

Dan di antara larangan yang datang berkaitan dengan pakaian adalah sabda Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam:

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka."

فالأ لبسة الّتي يختصّ بها الكفار ويعرفون بها لا يحل للمسلمأن يلبسها

Maka tidak halal bagi seorang muslim untuk memakai pakaian-pakaian khusus yang dimiliki oleh orang-orang kāfir (non muslim). (Hadīts riwayat Ahmad 2: 50 dan Abū Dāwūd nomor 4031, Syaikh Albāniy mengatakan bahwa hadīts ini shahīh  sebagaimana dalam Irwa’ul Ghalil nomor 1269)

Inilah beberapa larangan yang disebutkan oleh Syaikh Abdurrazaq dalam pendahuluannya sebelum membahas hadīts-hadīts yang berkaitan dengan pakaian Nabi shallallāhu 'alayhissallām wa sallam.

Semoga bermanfaat.

Wallāhu Ta'āla A'lam Bishawāb.

وصلى الله على نبينا محمد
____________


© 2022 Copy Right Abu Uwais. templates by Blogger
Proudly Powered by Abu Uwais