PESAN-PESAN

Nama

Email *

Pesan *

Rabu, 10 Juni 2020

Halaqah 43 | Jangan Seorang Anak Bermain-Main Dengan Permainan Yang Tidak Berguna

by Rory Rachmad  |  in Fiqhu Tarbiyatu Al-Abna at  10 Juni

🌍 BimbinganIslam.com
Senin, 28 Rajab 1441 H / 23 Maret 2020 M
👤 Ustadz Arief Budiman, Lc
📗 Kitāb Fiqhu Tarbiyatu Al-Abnā wa Thāifatu min Nashā'ihi Ath-Athibbāi
🔊 Halaqah 43 | Jangan Seorang Anak Bermain-Main Dengan Permainan Yang Tidak Berguna
⬇ Download audio: bit.ly/TarbiyatulAbna-43
~~~~~~~~~~~~


بسم الله الرحمن الرحيم 
الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور ديننا وصلاة وسلم على اشرف الانبياء المرسلين نبيا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدي اما بعد

 
Ma'asyiral Mustami'in, para pendengar  rahīmakumullāh.

Ini adalah halaqah kita yang ke-43 dari kitāb  Fiqhu Tarbiyatul Abnā wa Thāifatu min Nashā'ihi Al Athibbāi tentang fiqih mendidik atau membimbing anak-anak dan penjelasan sebagian nasehat dari para dokter karya Syaikh Musthafa Al Adawi Hafīdzahullāh. 

Kita lanjutkan kembali penjelasan permainan-permainan yang hendaknya diajarkan kepada anak-anak kita dan apa saja yang dibolehkan dan dilarang (lihat pada halaman 78 pada kitab).

Di antara permainan-permainan yang dilarang dalam hadīts, adalah main dadu dan main catur karena tidak ada manfaat di dalamnya.

Demikian juga permainan yang mendorong kepada perjudian dan lotre ini pun dilarang sebagaimana disebutkan di dalam surat Al-Maidāh 90-91.

Allāh Subhānahu wa Ta'āla berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِنَّمَا ٱلۡخَمۡرُ وَٱلۡمَيۡسِرُ وَٱلۡأَنصَابُ وَٱلۡأَزۡلَٰمُ رِجۡسٞ مِّنۡ عَمَلِ ٱلشَّيۡطَٰنِ فَٱجۡتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ ۞ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيۡطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيۡنَكُمُ ٱلۡعَدَٰوَةَ وَٱلۡبَغۡضَآءَ فِي ٱلۡخَمۡرِ وَٱلۡمَيۡسِرِ وَيَصُدَّكُمۡ عَن ذِكۡرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِۖ فَهَلۡ أَنتُم مُّنتَهُونَ ۞ 

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.”

“Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allāh dan melaksanakan shalāt, maka tidakkah kamu mau berhenti?" (QS Al-Ma’idāh: 90-91)

⇒ Ini adalah dalīl bahwasanya permainan yang sifatnya judi, mengundi nasib dan seterus adalah haram.

Demikian pula jangan mengajarkan anak-anak kita permainan-permainan yang mengandung musik atau lonceng dan yang sejenisnya.

Sebagaimana sabda Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam:

الْجَرَسُ مَزَامِيرُ الشَّيْطَانِ

"Sesungguhnya lonceng adalah serulingnya syaithan.” (Hadīts riwayat Muslim nomor 2114)

Demikian pula jangan ajarkan anak kita olah raga yang bisa membahayakan fisiknya seperti tinju atau sejenisnya. Kalau bela diri dalam arti untuk melatih tubuh atau untuk menghindar dari serangan musuh dan tidak sampai melukai maka tidak masalah.

Demikian pula mereka dilarang bermain tinju dengan memukul wajah karena Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam melarang umatnya untuk memukul wajah.

Beliau bersabda: 

إِذَا قَاتَلَ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيَجْتَنِبِ الْوَجْهَ 

"Jika salah seorang dari kalian berkelahi dengan saudaranya, maka jauhilah (dari memukul) mukanya.” (Hadīts shahīh riwayat Muslim nomor 2113)

Di dalam riwayat lain : 

فَلاَ يَلْطِمَنَّ الْوَجْهَ

"Maka janganlah ia memukul wajah.” (Hadīts shahīh riwayat Muslim nomor 2612)

Demikian pula dilarang bermain dengan alat musik. Al-Bukhāri meriwayatkan di dalam shahīhnya dari Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:

لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ

"Akan datang pada umatku kelak suatu kaum yang menghalalkan perzinaan, sutera, khamr dan alat musik.” (Hadīts shahīh riwayat Al-Bukhāri nomor 5590)

⇒ Empat hal tersebut perzinaan, sutera (bagi kaum laki-laki), khamr dan alat musik adalah haram.

Demikian semoga bermanfaat.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين
واخردعوانا أن الحمد لله رب العالمين
والسلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
______________________________________



© 2020 Copy Right Abu Uwais. templates by Blogger
Proudly Powered by Abu Uwais