Radio Rodja Live

Server Indonesia High Quality

kesalahan dalam Adzan

Sabtu, 18 Juni 2022

Halaqah 24: Mu'jizat Rasūlullāh Shallallāhu 'alayhi wa sallam Bagian Keempat

by Rory Rachmad  |  in Kitāb Tahdzībus Sīratin Nabawiyyah at  18 Juni

 🌍 BimbinganIslam.Com

📆 Senin,18 Rabi'ul Awal 1443 H/25 Oktober 2021 M

👤 Ustadz Abdullah Taslim, Lc. MA

📗 Kitāb Tahdzībus Sīratin Nabawiyyah (تهذيب السيرة النبوية)

🔊 Halaqah 24: Mu'jizat Rasūlullāh Shallallāhu 'alayhi wa sallam Bagian Keempat 


〰〰〰〰〰〰〰


MU'JIZAT RASŪLULLĀH ﷺ , BAGIAN KEEMPAT 



بسم الله الرحمن الرحيم 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين اما بعد 



Alhamdulillāh. Ma'āsyiral Ikhwah wa Akhawat Fīdīn Rahimakumullāh.


Kembali kita bersyukur kepada Allāh Subhānahu wa Ta'āla memujinya atas semua limpahan nikmat dan karunia-Nya, Alhamdulillāh kita bertemu kembali melanjutkan kembali pembahasan kajian kitāb yang sangat bermanfaat. 


Kitāb Tahdzībus Sīratin Nabawiyyah (تهذيب السيرة النبوية), ringkasan sirah atau sejarah hidup Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam. Buah karya dari Al Imamu Hafizh Abu Zakariyya Yahya ibnu Syaraf An Nawawi Ad Dimasyqi rahimahullāhu ta'āla.


Masih bersama saya pembawa materi, Abdullah Taslim, dengan penyelenggara kajian online BiAS (Bimbingan Islām). 


Saat ini kita masih melanjutkan pembahasan Mu'jizat Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam atau tanda-tanda benarnya Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam. 


Masih melanjutkan penjelasan dari Imam An Nawawi rahimahullāhu ta'āla, beliau berkata: 


وقال لأبي هريرة حين سرق الشيطان التمر: «إنه سيعود» فعاد. 


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam berkata kepada Abu Hurairah radhiyallāhu 'anhu, ketika syaithan mencuri kurma (saat itu Abu Hurairah diberi tugas untuk menjaga zakat kurma), "Sesungguhnya dia akan kembali."


Waktu itu dia mengaku sebagai pencuri miskin yang kelaparan dan ternyata dia adalah syaithan. 


Dan ternyata betul dia kembali.


Ini menunjukkan bahwa Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mendapatkan wahyu dari Allāh Subhānahu wa Ta'āla.


وقال لأزواجه: «أطْوَلُكُنَّ يدًا أسْرَعُكُنَّ لحاقًا بي» فكان كذلك


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam pernah berkata kepada istrinya, "Di antara kalian yang paling panjang tangannya adalah yang paling segera menyusulku." Kemudian terjadilah apa yang Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam ucapkan.


Maksud yang paling panjang tangannya adalah yang paling gemar bersedekah atau berbuat kebaikan, dan beliau adalah Zainab bintu Jahsy radhiyallāhu 'anhā.


Dan benar ucapan Beliau shallallāhu 'alayhi wa sallam, karena yang paling cepat wafat di antara mereka sepeninggal Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam adalah Zainab bintu Jahsy radhiyallāhu 'anhā. 


Dan mereka semua akan menjadi istri Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam di akhirat, sebagaimana mereka adalah istri Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam di dunia.


وقال لعبد الله بن سلام: «أنت على الإسلام حتى تموت»


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam berkata kepada Abdullah bin Salām radhiyallāhu 'anhu, "Kamu akan terus di atas Islām sampai kamu wafat."


Dan kenyataannya seperti itu. Beliau wafat di atas Islām dan baik ke Islāmannya.


ودعا - صلى الله عليه وسلم - لأنس بأن يكثر ماله وولده ويطول عمره فكان كذلك


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mendoakan kebaikan untuk Anas bin Mālik radhiyallāhu 'anhu, agar dijadikan banyak harta dan keturunan dan juga diberkahi serta dipanjangkan umurnya. Dan seperti itu kenyataannya.


Benar seperti yang didoakan oleh Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam. 


عاش فوق مائة سنة، ولم يكن أحد من الأنصار أكثر مالاً منه


Anas bin Mālik hidup sampai berumur seratus tahun, dan tidak ada seorangpun di antara orang-orang Anshar yang lebih kaya (banyak hartanya) dibandingkan Anas bin Mālik radhiyallāhu 'anhu.


ودفن من أولاده الذكور لصلبه مائة وعشرين ابنًا قبل قدوم الحجاج


Beliau menguburkan anak laki-lakinya yang wafat sebanyak 120 orang sebelum kedatangan orang-orang yang menunaikan ibadah haji.


سوى غيرهم وهذا مصرح به في صحيح البخاري  وغيره.


Itu belum yang selainnya lagi, dan hadīts-hadīts ini ditegaskan di dalam Shahīh Al Bukhāri dan riwayat yang lainnya.


Ini juga menunjukkan benarnya mu'jizat Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam karena Beliau mendapatkan wahyu dari Allāh Subhānahu wa Ta'āla. 


 ودعا - صلى الله عليه وسلم - أن يعز الله الإسلام بعمر بن الخطاب أو بأبي جهل، فأعزه الله بعمر - رضي الله عنه


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam pernah berdoa agar Allāh memuliakan Islām dengan salah satu dari dua orang yaitu Umar ibnu Khaththāb atau Abu Jahl. Maka Allāh Subhānahu wa Ta'āla menjadikan kemuliaan  Islām dengan Umar bin Khaththāb radhiyallāhu 'anhu (Allāh memilih Umar bin Khaththāb).


ودعا على سراقة بن مالك؛ فارتطمت به فرسه في جلد من الأرض وساخت قوائمها فيها، فناداه بالأمان وسأله الدعاء له،


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam  mendoakan keburukan kepada Surāqah ibnu Mālik sebelum dia masuk Islām karena beliau mengejar Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam dan Abu Bakar ketika beliau berdua hijrah. Ketika sudah dekat Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mendoakan keburukan untuk dirinya dan kendaraan (kuda) nya.


Kemudian kudanya melemparkan Surāqah di tanah yang keras bahkan sampai kaki-kaki kuda tertanam di tanah tersebut. Kemudian Surāqah ibnu Mālik memanggil Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam untuk berdamai maksudnya dia tidak akan mencelakakan Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam dan Abu Bakar. Dan meminta kepada Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam agar mendoakan kebaikan untuknya.


Dan terjadi seperti apa yang didoakan oleh Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam. 


ودعا لعلي أن يذهب الله عنه الحر والبرد، فلم يكن يجد حرًا ولا بردًا. 


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam pernah mendoakan kebaikan untuk Ali bin Abi Thālib supaya dia tidak merasakan panas dan dingin, dan setelah itu dia tidak merasakan panas dan dingin sebagaimana doa Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam.


ودعا لحذيفة ليلة بعثه يأتي بخبر الأحزاب ألا يجد بردًا، فلم يجده حتى رجع


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam pernah mendoakan kebaikan untuk sahabat Hudzaifah ibnul Yaman radhiyallāhu 'anhu, di malam ketika Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mengutusnya untuk membawa berita tentang kaum musyirikan (yang tergabung dalam pasukan Ahzab yang memerangi Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam dan para shahabat).


Karena malam itu sangat dingin, Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mendoakan agar Hudzaifah Ibnul Yaman tidak kedinginan, maka Hudaifah pun tidak mendapati rasa dingin sampai kembali dari tugas tersebut.


Ini juga menunjukkan tanda kenabian Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam. 


ودعا لابن عباس أن يفقهه الله في الدين، فكان كذلك


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mendoakan kebaikan untuk anak paman  beliau Abdullāh ibnu Abbās radhiyallāhu 'anhumā agar Allāh menjadikan dia paham dalam urusan agama, dan dia seperti itu. Sehingga dia disebut sebagai Habrul Ummah orang yang berilmu dari kalangan umat ini.


ودعا على عتبة  بن أبي لهب أن يسلط الله عليه كلبًا من كلابه فقتله الأسد بالزرقاء.


Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mendoakan keburukan kepada musuh Islām yaitu Utbah bin Abi Lahab (dan yang benar di sini bukan Utbah tetapi Utaibah ibnu Abi Lahab. Karena Utbah bin Abi Lahab masuk Islām ketika Fathu Mekkah.)


Agar Allāh menjadikannya diserang oleh salah satu binatang buas yang Allāh tundukan, kemudian Utaibah ini diterkam oleh singa di daerah Zarqa' kemudian dia mati di sana sebagaimana doa Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam.


Ini beberapa contoh dari tanda-tanda kenabian Nabi Muhammad shallallāhu 'alayhi wa sallam yang, in syā Allāh akan kita lanjutkan kembali di halaqah selanjutnya.


Bārakallāhu Fīkum.


صلى الله و سلم وبارك على نبينا محمد وعلى آله وصحبه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين والحمد الله رب العالمين. سبحانك اللهم وبحمدك أشهد إن لا إله إلا أنت استغفرك وأتوب إليك. والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

 

________




© 2022 Copy Right Abu Uwais. templates by Blogger
Proudly Powered by Abu Uwais