PESAN-PESAN

Nama

Email *

Pesan *

Jumat, 13 Desember 2019

Halaqah 38 | Anjuran Bercelak Sebelum Tidur

by Rory Rachmad  |  in Syamail Muhammadiyah at  13 Desember

🌍 BimbinganIslam.com
Selasa, 09 Shafar 1441 H / 08 Oktober 2019 M
👤 Ustadz Ratno, Lc
📗 Kitab Syamāil Muhammadiyah
🔊 Halaqah 38 | Anjuran Bercelak Sebelum Tidur
⬇ Download audio: bit.ly/SyamailMuhammadiyah-38
〰〰〰〰〰〰〰

ANJURAN BERCELAK SEBELUM TIDUR


بسم الله.
الْحَمْدُ لله، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رسول الله، وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القيامة، أَمَّا بَعْدُ:

Sahabat Bimbingan Islām yang semoga selaly dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Alhamdulillāh, puji syukur kita panjatkan atas nikmat Allāh Subhānahu wa Ta'āla yang telah Allāh sampaikan kepada kita semua. Yang dengannya kita masih bisa menghirup udara, kita masih bisa memperbanyak amal ibadah untuk mengapai surga dan kita masih bisa berusaha untuk menjauhi larangan-larangan Allāh Subhānahu wa Ta'āla agar kita bisa jauh dari neraka.

Sahabat Bimbingan Islām yang semoga selalu dirahmati oleh Allāh Subhānahu wa Ta'āla.

Pada pertemuan kita kali ini (pertemuan ke-38) kita akan melanjutkan kitāb Asy Syamāil Al Muhammadiyah karya Imām At Tirmidzī rahimahullāh.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas hadīts ke-51, 52 dan 53 menurut penomoran dalam Syarah Syaikh Abdurrazaq Al Badr hāfidzahullāh.

• Hadīts 51

Kita masuk pada hadīts ke-51, dimana Imām At Tirmidzī rahimahullāh membawakan hadīts ini lengkap dengan sanadnya hingga shahābat Jābir bin Abdillāh radhiyallāhu ta'āla 'anhumā.

Dimana beliau mengatakan bahwasanya Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:

عَلَيْكُمْ بِالإِثْمِدِ عِنْدَ النَّوْمِ، فَإِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ، وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ

"Pakailah itsmid ketika hendak tidur, karena hal tersebut akan menajamkan pandangan dan menumbuhkan rambut.” (Hadīts ini dishahīhkan oleh Syaikh Albāniy rahimahullāh di dalam kitāb Al Mukhtashar Asy Syamāil)

Pelajar hadīts ini adalah:

√ Kita dianjurkan oleh Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam menggunakan celak dari itsmid ketika hendak tidur.

Dan harus dipahami bahwasanya ketika dikatakan "dianjurkan" maka hukumnya tidaklah wajib.

√ Kita dianjurkan oleh Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam dalam hadīts ini untuk menggunakan celak dari itsmid.

⇒ Itsmid adalah sebuah bahan untuk bercelak.

(Jika kita pergi ke Arab Saudi misalkan saat umrah atau berhaji kita bisa membelinya di toko-toko sekitar masjid Nabawi atau masjidil haram, akan tetapi perlu dipastikan. bahwasanya itsmid yang kita beli adalah itsmid yang asli yang benar-benar terbukti dan penjualnya amanah, karena kata Syaikh Abdurrazaq telah banyak beredar itsmid-itsmid palsu yang dicampur dari bahan-bahan yang lainnya sehingga tidak memberikan manfaat yang disampaikan dalam hadīts-hadīts ini)

Dalam hadīts ini Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam mengajurkan kita untuk menggunakan celak dari itsmid ketika hendak tidur dan bercelak dengan itsmid ini akan menguatkan pandangan mata dan menumbuhkan bulu mata.

• Hadīts 52

Imām At Tirmidzī membawakan hadīts ini lengkap dengan sanadnya hingga shahābat Ibnu Abbās radhiyallāhu ta'āla 'anhumā, dimana Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:

إِنَّ خَيْرَ أَكْحَالِكُمُ الإِثْمِدُ، يَجْلُو الْبَصَرَ، وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ

"Celak mata terbaik kalian adalah yang berbahan itsmid, ia dapat menajamkan pandangan mata dan menumbuhkan rambut di mata.” (Hadīts ini dishahīhkan oleh Syaikh Albāniy rahimahullāh di dalam kitāb Al Mukhtashar Asy Syamāil)

Pelajar hadīts ini adalah:

√ Itsmid merupakan bahan celak yang paling bagus yang paling baik karena bisa menajamkan mata dan menumbuhkan rambut mata.

• Hadīts 53

Imām At Tirmidzī membawakan hadīts ini lengkap dengan sanadnya hingga shahābat Ibnu 'Umar radhiyallāhu ta'āla 'anhumā, Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:

عَلَيْكُمْ بِالإِثْمِدِ، فَإِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ، وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ.

"Pakailah itsmid, karena itsmid dapat menajamkan pandangan dan menumbuhkan rambut.” (Hadīts ini dishahīhkan oleh Syaikh Albāniy rahimahullāh di dalam kitāb Al Mukhtashar Asy Syamāil)

Pelajar hadīts ini adalah:

√ Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam menganjurkan untuk menggunakan itsmid sebagai bahan celak mata kita. Karena itsmid bisa menajamkan mata dan menumbuhkan rambut mata.

Jika kita simpulkan hadīts di atas, hadīts yang hampir sama lafazhnya, hampir sama maknanya, minimal kita bisa mengambil 4 pelajaran.

⑴ Ada anjuran dari Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam kepada kita semua untuk. menggunakan itsmid sebagai celak mata.

⑵ Dianjurkan menggunakan celak dari itsmid ketika hendak tidur.

⑶ Di antara fungsi itsmid adalah menajamkan pandangan mata.

⑷ Di antara fungsi itsmid adalah menumbuhkan rambut mata, rambut yang ada di sekitar kelopak mata.

Inilah beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari 3 hadīts diatas, semoga bermanfaat.


Wallāhu Ta'āla A'lam Bishawāb.

وصلى الله على نبينا محمد

____________


Proudly Powered by Abu Uwais