Al Imām Az Zuhriy rahimahullāh ta'āla: في علم المغازي علم الآخرة و الدنيا "Dalam ilmu sejarah Nabi shallallāhu 'alayhi wa sallam ada ilmu akhirat dan ilmu dunia."

Jumat, 21 Juli 2017

HSI 08-01 Pengertian Rasulullãh Dan Dalil-Dalil Atas Wajibnya Beriman Dengan Para Rasul

by Rory Rachmad  |  in HSI 08 at  21 Juli

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول لله و على آله و صحبه أجمعين

Halaqah yang pertama dari Silsilah Ilmiyyah Beriman Kepada Rasul Allāh "Pengertian Rasulullãh Dan Dalil-Dalil Atas Wajibnya Beriman Dengan Para Rasul" 

Diantara pokok-pokok keimanan yang harus diimani oleh seorang hamba adalah beriman kepada para Rasul Allāh

Rasulun adalah bentuk tunggal dari rusulun, rusulun artinya utusan, rusulun artinya utusan-utusan, Rasulullãh artinya para utusan Allāh. Mereka adalah manusia² yang Allāh pilih menjadi utusanNya kepada manusia dengan membawa risalah dari Allāh untuk disampaikan kepada manusia. Allāh berfirman :

لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ… 

“Sunngguh Kami telah mengutus rasul rasul Kami dengan bukti bukti yang nyata” (QS Al-Hadid 25)

Al-Qur’an, Assunnah & Ijma kaum muslimin menunjukkan tentang wajibnya beriman kepada dengan para Rasul Allāh dan kekufuran kepada Rasul² Allāh adalah kekufuran kepada Allāh.

Semakin seseorang mendalami tentang beriman kepada para Rasul secara terperinci maka akan semakin bertambah keimanannya & akan semakin banyak manfaatnya. Adapun dari Al-Qur’an maka Allāh berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

“Wahai orang-orang yang beriman berimanlah kepada Allāh & RasulNya & Kitab yang telah diturunkan kepada RasulNya & Kitab yang diturunkan sebelumnya & Barangsiapa yang kufur kepada Allāh, Malāikat² Nya, Kitab² Nya dan Rasul²Nya & hari Akhir maka sungguh dia telah sesat kesesatan yang jauh” (QS An-Nisa’ 136)

Adapun dari Assunnah maka Nabi ﷺ bersabda ketika ditanya Malaikat Jibril apa itu Iman?

الإيمان أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ.

Beriman adalah engkau beriman kepada Allāh, Malaikat MalaikatNya, Kitab KitabNya, Rasul RasulNya  dan hari Akhir dan engkau beriman dengan Takdir yang baik maupun yang buruk

Beliau mengatakan صَدَقْتَ (engkau telah benar), hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Dan para Ulama berijma atas wajibnya beriman kepada rasul rasul Allāh 'azza wajalla.

itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqah kali ini, dan sampai bertemu pada halaqah selanjutnya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Abdullāh Roy
Di kota Al-Madīnah

Peserta HSI
copy-right 2017

gunakan https://www.roryrachmad.net (jika tidak bisa buka halaman)
Proudly Powered by Abu Uwais.